A.
Pengertian
Sistem Pemasaran
Sistem
adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling
berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat
diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas
pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling
memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan
pasarnya.
Dalam
pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu
mencakup :
- Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
- Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
- Target pasar.
- Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
- Kendala lingkungan (environmental constraints).
Sistem
pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan,
yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah
sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo.
Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.
B. Macam – Macam Sistem Pemasaran
a. Sistem pemasaran dengan
saluran vertikal
Pada sistem
ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan. Tujuan :
- Mengendalikan perilaku saluran
- Mencegah perselisihan antara anggota saluran
b. Sistem pemasaran dengan
saluran horizontal
Pada sistem
ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk
memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.
c. Sistem pemasaran dengan
saluran ganda
Pada sistem
ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen
digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.
A.
Lingkungan
Sebuah Sistem Pemasaran
1. Lingkungan makro ekstern.
Lingkungan
makro tersebut ialah:
- Demografi (kependudukan).
- Kondisi ekonomi.
- Teknologi.
- Kekuatan sosial dan budaya.
- Kekuatan politik dan legal.
- Persaingan.
2. Lingkungan mikro eksternal
- Pasar (market)
- Pemasok
- Pialang (marketing intermediaries)
3. Lingkungan Non- – Pemasaran Intern
Kekuatan non
– pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhan bagian penelitian dan
pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalam organisasi dan
dikendalikan oleh manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar