widgeo.net

Senin, 03 Februari 2014

Analisis Jabatan



Analisis Jabatan
Pengantar
Seringkali timbul kesalahpahaman tentang pengertian jabatan. Jabatan kadang diartikan sebagai posisi atau pekerjaan, tanpa penjelasan lebih jauh. Untuk memperoleh keseragaman mengenai pengertian istilah jabatan ini, Departemen Tenaga Kerja memberikan penjelasan singkat mengenai arti dari beberapa istilah jabatan, sbb :
  UNSUR
  TUGAS
  KEDUDUKAN (POSISI)
  PEKERJAAN
  JABATAN (JOB)

Peran Analisis Jabatan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia
  Rekrutmen, seleksi penempatan kerja
  Menentukan besarnya upah
  Merancang jalur karir pekerja
  Menetapkan beban kerja yang pantas dan adil
  Merancang program pendidikan dan pelatihan yg efektif
  Bermanfaat bagi pegawai mencapai tujuan-tujuan pribadinya. Dengan di tempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasi yang ia miliki.
  Analisis jabatan adalah suatu kegiatan untuk mencatat, memplajari dan menyimpulkan keterangan-keterangan dan fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis dan teratur.
  Pengumpulan informasi untuk analisa jabatan ini bisa dilakukan dengan cara:
  1. Menyebarkan kuisioner kepada para pemegang jabatan.
  2. Melakukan wawancara langsung.
  3. Melakukan pengamatan langsung pada pelaksanaan pekerjaan.

Hasil analisis jabatan ini akan memberikan gambaran tentang tugas dan tanggung jawab setiap pekerja. Pada umumnya analisis jabatan digunakan untuk :
  Kelembahaan (Organisasi dan perancang jabatan)
a.       Penyusunan Organisasi baru
b.      Penyempurnaan organisasi sekarang
c.       Peninjauan kembali alokasi tugas
  Kepegawaian
a.       Rekrutmen seleksi/penempatan
b.       penilaian jabatan (Evaluasi jabatan)
c.       Penyusunan jenjang karier
d.      Mutasi/promosi/rotasi
e.       Program pelatihan
  Ketatalaksanaan
a.       Tata laksana
b.       tata kerja/prosedur

v  Uraian jabatan adalah suatu catatan yang sistematis tentang tugas  dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu ,yang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada.
v  Spesifikasi/Persyaratan Jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat menjalankan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik. Contohnya: persyaratan pendidikan, latihan, pengalaman kerja, fisik dan mental, pengetahuan dan keterampilan, umur dan jenis kelamin.
v  Kegunaan dari analisis jabatan:
  1. Sebagai dasar untuk melakukan evaluasi jabatan
  2. Sebagai dasar untuk menentukan standar hasil kerja seseorang
  3. Sebagai dasar untuk rekrutmen,seleksi,dan penempatan pegawai baru
  4. Sebagai dasar untuk merancang program pendidikan dan latihan
  5. Sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
  6. Sebagai dasar untuk merencanakan perubahan-perubahan organisasi
  7. Sebagai dasar untuk mengembangkan program kesehatan dan keselamatan kerja

PELAKSANAAN ANALISIS  JABATAN
  Tahap persiapan dan perencanaan
   Tahap pengumpulan data
   Tahap pengolahan data

Sistem Pemberian Imbalan
Sistem pemberian imbalan (kompensasi) adalah merupakan hal yang penting dalam perusahaan

Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kebijaksanaan Imbalan / Penggajian
            Faktor-faktor internal antara lain :
    1. Kemampuan perusahaanuntuk membayar
    2. Eksistensi dari Serikat Pekerja
    3. Biaya hidup
    4. Karakteristik Pekerja
    5. Karakteristik pekerja
                        Faktor-faktor eksternal :
    1. Keadaan pasar tenaga kerja
    2. Peraturan pemerintah

Falsafah Pemberian Imbalan
Sistem pemberian imbalan dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat adil dan kompetitif.

Proses Penetapan Sistem Imbalan
  Analisa Jabatan, atau Penentuan Sasaran Jabatan.
  Evaluasi Jabatan.
  Survey Upah.
  Penetapan Kebijakan.
  Penetapan Harga Jabatan.

LANGKAH-LANGKAH ANALISIS JABATAN
1. Mengumpulkan informasi tentang jabatan (Analisa Jabatan).
2. Menetapkan nilai relatif dari masing-masing jabatan dengan cara mempelajari Uraian Jabatan Spesifikasi Jabatan tersebut dengan dua yaitu metode yang bersifat Non-Kuantitatif dan Kuantitatif.

Metode-metode Evaluasi Jabatan
1.Metode Non-Kuantitatif
  Metode penentuan peringkat  ( Ranking method )
  Metode klasifikasi ( Grade/classification Method )
2. Metode Kuantitatif
  Metode perbandingan faktor ( Factor Comparison method )
  Metode sistem angka ( point System Method )

Teknik-Teknik Penentuan Peringkat
  1. Membuat team perundingan.
  2. Melakukan perbandingan secara berpasangan.
  3. Membuat team penilai.
  4. Menggunakan peta struktur organisasi.

Metode Klasifikasi
  1. Menetapkan beberapa kelas/tingkatan jabatan.
  2. Merumuskan ciri dari masing-masing kelas.
  3. Memasukkan setiap jabatan yang ada pada kelas yang sesuai dengan tingkatan interpensi mereka.

Metode Perbandingan Faktor
  1. Mengidentifikasi dan mendefinisikan faktor-faktor.
  2. Memilih beberapa jabatan sebagai “Jabatan Kunci”.
  3. Menyusunnya berdasarkan peringkat.
  4. Menyusun alokasi tingkat upah.
  5. Membandingkannya.

Metode Sistem Angka (Point System Method)
  Langkah-langkah Metode Sistem Angka :
  1. Memilih faktor-faktor jabatan
  2. Menyusun definisi dan derajat dari masing-masing faktor
  3. Menentukan bobot relatif dari masing-masing faktor
  4. Menentukan nilai angka untuk setiap faktor
  5. Menghitung nilai dari setiap jabatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar